Polres Toba Siapkan Pengamanan Event Internasional Aquabike World Championship Tahun 2023


Infomedandn.com | Toba - Polres Toba melaksanakan apel gabungan dalam rangka persiapan pengamanan event internasional Aquabike World Championship Tahun 2023 bertempat di Lapangan Apel Kantor Bupati Toba, Selasa (21/11/2023). 

Apel Gabungan ini langsung di pimpin oleh Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Victor Togi Tambunan didampingi Dirpamobvit Polda Sumut Kombes Pol B. I Made Oka Putra , S.I.K dan Dirlantas Kombes Pol Muji Ediyanto S.I.K, M.H, serta di hadiri oleh Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Christiyanto Goetomo, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb,SH, S.I.K, PJU Polda Sumut, PJU Polres Toba, Personil BKO dan Personil Polres Toba. 


Dalam arahannya, Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Victor Togi Tambunan menjelaskan mari kita memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan tamu yang datang ke event ini. 

Togi juga menyampaikan agar semua personil pengamanan ini agar memahami tugas tugasnya. Dan ini harus di pahami betul setiap tugas tugasnya yang sudah di berikan. Jangan sampai ada sikap dan perilaku kita melukai hati masyarakat. Ini buat kita semua, ujarnya

Mari Kita tunjukkan bahwa kita adalah sebagai pelindung, pengayom dan melayani masyarakat, tegasnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Muji Ediyanto S.I.K , M.H menjelaskan Selama Event Aquabike berlangsung Polres Toba Polda Sumut menyediakan 8 Pos Pengamanan yaitu Pos PAM Bypass Longat, Pos PAM Lumban Silintong, Pos PAM Bundaran Tugu Panjaitan, Pos PAM Lumban Bulbul, Pos PAM Jalan Gereja, Pos PAM Simpang Kompi, Pos PAM Venue dan Pos PAM Bypass Tambunan. 

Kemudian ada 3 Parkir Utama untuk VIP yaitu Bonanionan Pardede, Bank BNI Balige dan Kantor Pengadilan . 

Untuk Parkir Umum ada di beberapa tempat yaitu di Balai Desa, Komplek Perum Praeses HKBP, Lapangan Gereja HKBP, Lapangan Kantor Bupati Toba, Lapangan Don Bosco, Lapangan Mini Sopo Surung, SMPN 4 Balige, Lapangan Depan Kantor Samsat dan Lumban Pea. 

Diinformasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Toba dan seluruh pengendara yang melintasi di jalinsum di wilayah Kabupaten Toba selama Pelaksanaan Event aquabike, Satlantas Polres Toba menyampaikan akan melaksanakan Rekayasa Lalulintas selama event berlangsung pada Tanggal 25-26 November 2023.

Sat Lantas Polres Toba menginformasikan bahwa rekayasa lalu lintas dibuat jadi 3 (Tiga) untuk menghindari terjadinya kemacetan di kota balige selama pelaskanaan event aqua bike 2023 di Kabupaten Toba sehingga arus lalulintas berjalan dengan normal dan lancar.

Ditambahkan untuk mengatasi kemacetan disampaikan 3 jalur alternatif yang berlaku selama pelaksanaan Event Aquabike 2023 : 

JALUR ALTERNATIF 1 (SATU)

Di informasikan kepada masyarakat untuk aktifitas lalulintas pada alternatif 1 masih berjalan dengan normal dan tetap diberi arahan oleh petugas petugas yang berada di sepanjang jalan kepada pengendara R2 dan R4. 

Arus lalulintas yang datang dari arah Taput merupakan kendaraan R6 atau lebih tidak diperbolehkan melintasi kota balige dan petugas yang berada di bypass longat mengarahkan belok kanan menuju bypass tambunan begitu sebaliknya yang datang dari arah medan dan diterapkan hanya satu arah.

Untuk kendaraan masyarakat baik R4 atau R2 yang sifatnya ingin menonton petugas yang berada di simpang bypass akan diarahkan langsung menuju kota balige dan memarkirkan kendaraan ketempat yang telah disediakan yaitu di lapangan parkir Jalan Somba Debata (Depan Samsat), dan apabila penuh petugas akan mengarahkan ke lapangan parkir gereja HKBP, dan apabila penuh masyarakat akan diarahkan ke lapangan parkir Bonanionan Pardede dan apabila itu juga penuh akan di arahkan ke ke lapangan Katolik Donbosko dan ke Kantor Pengadilan.

Pada alternatif 1 kendaraan masih berjalan seperti biasa namun dilaksanakan persuasif kepada yang ingin menonton kegiatan event aqua bike dengan melaksanakan penyekatan di bypass longat.

Dan bila alternatif diatas mulai mengalami kepadatan maka di berlakukan  ALUR ALTERNATIF 2 (DUA)

Di Informasikan kepada masyarakat Apabila kantong parkir pada alternatif 1(satu) sudah penuh dan tingkat kepadatan arus lilintas dikota balige sudah mengalami peningkatan Arus Maka kendaraan yang datang dari parpaat menuju balige mulai diarahkan ke kantong parkir lumban pea. Shutle buss yang di sediakan di Lumban Pea sudah mulai berjalan mengangkut masyarakat yang parkir di lumban pea. 

Diinformasikan kepada masyarakat jumlah Bus besar berjumlah 4, Bus yang sedang ada 3 dan untuk shutle bus ada 13. Kemudian titik dropin shutle bus berada di Tugu Panjaitan dan bus akan meninggalkan titik drop menuju bypas longat hingga bypass tambunan dan parkir kembali di kantong parkir Lumban Pea. 

Pada alternatif 2 (Dua) disampaikan kepada masyarakat bahwa ada sejumlah jalan-jalan masuk menuju kota balige yang berada di bypass ditutup total namun ada satu jalan yang dibuka yaitu di jalan sianipar sihail-hail dan selanjutkan akan ditingkatkan ke 

JALUR ALTERNATIF 3 (TIGA)

Disampaikan kepada masyarakat pemberlakuan alternatif 3 apabila Parkir didalam kota sudah penuh dan eskalasi arus lalu lintas mulai padat dan meningkat maka bypas tambunan dan bypass

longat ditutup penuh. Untuk masyarakat yang akan menonton langsung diarahkan ke kantong parkirlumban pea dan diangkut oleh shuttle bus

Diinformasikan kepada masyarakat bahwa kendaran yang boleh masuk ke kota balige hanya penududuk setempat dengan cara sekat selektif prioritas dan VIP (yang mendapatkan pengawalan). Apabila sudah kembali dan mencair petugas akan mengarakan seluruh kendaraan yang berada di kantong-kantong parkir untuk menuju ke bypass longat. ( Humas Polres Toba )

You may like these posts