Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024,Kapolres Toba Sampaikan Hal Ini


Infomedandn.com | Toba - Apel siaga pengawasan pemilu 2024 yang digelar di lapangan Sisingamangaraja Venue Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara berlangsung cukup khidmat. 

Kegiatan yang dimotori oleh Bawaslu Kabupaten Toba ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda, KPU, Parpol Peserta Pemilu hingga organisasi masyarakat, media dan mahasiswa. Senin, (04/12/2023).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Ketua Bawaslu RI Nomor 804/PP.00.00/K1/11/2023 terkait persiapan pelaksanaan tahapan kampanye yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 28 November 2023. 

BACA JUGA :

Sat Samapta Polres Toba Rutin Giat Patroli Pada Operasi Mantap Brata

Ketua Bawaslu Kabupaten Toba Sahat Sibarani yang bertindak sebagai pimpinan apel menegaskan, pihaknya bersama jajaran Bawaslu berkomitmen mengawal Pemilu 2024 dimana saat ini tahapan sudah berjalan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Toba, Sahat Sibarani dalam sambutannya menjelaskan bahwa apel siaga ini diadakan untuk memperkuat pengawasan terhadap netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengawasi penggunaan fasilitas negara di berbagai tingkatan. Langkah-langkah strategis akan ditentukan sebagai upaya pencegahan terhadap pelanggaran netralitas ASN, TNI, dan Polri.

“Apel siaga ini dilaksanakan untuk memperkuat pengawasan terhadap netralitas ASN, TNI, dan Polri serta penggunaan fasilitas negara di masing-masing tingkatan melalui kegiatan–kegiatan serta menentukan langkah-langkah strategis sebagai upaya pencegahan terhadap pelanggaran netralitas ASN, TNI, dan Polri,” ungkapnya. 

Ini merupakan bagian dari komitmen kita bersama terutama Bawaslu untuk mewujudkan pemilu yang Jurdil, berintegritas dan bermartabat, sesuai Amanah UU dan petaruran yang berlaku.

“Melalui Apel Siaga Pengawasan ini semangat pengawasan dan komitmen kita bersama untuk mewujudkan Pemilu yang jurdil, berintegritas dan bermartabat sesuai dengan amanat undang-undang yang berlaku.” tandasnya. 

Sementara itu, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb , S.H., S.I.K., yang kebetulan turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas terselenggaranya apel siaga tersebut.

“Wujud kesiapan dari jajaran Bawaslu untuk mengawasi dan mengawal tahapan Pemilu 2024,” sebut Kapolres. 

"Seperti yang disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Toba tadi mengatakan bahwa TNI, Polri khususnya Polri tetap netral. Kami dari Pihak Kepolisian akan mengawasi kegiatan Pemilu ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para peserta Pemilu 2024, "ucap Kapolres . 

"Mari kita tingkatkan lagi komunikasi supaya kita bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dalam rangka mengikuti tahapan kampanye yang ada di Kabupaten Toba, "tegas Kapolres. 

Kapolres juga mengatakan bahwa salah satu tugas Polri melakukan pengamanan pada setiap tahapan pelaksanaan pemilu agar dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Untuk meminimalisir terjadinya Pelanggaran Pemilu yang akan berdampak pada terganggunya kondusifitas wilayah Kabupaten Toba diharapkan penyelenggara pemilu agar dapat lebih solid dan kompak”. Pesannya. 

Usai Apel, Bawaslu Kabupaten Tob bersama Forkopimda, KPU Toba dan seluruh Partai Politik melakukan Penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2024. 

Turut hadir Bupati Kabupaten Toba Ir Poltak Sitorus, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb SH, S.I.K, Ketua Bawaslu Kabupaten Toba Sahat Sibarani, Ketua KPU Toba Sugar Sibarani, Pabung Kodim 0210/TU Mayor Inf K Napitupulu, Kasi Pidum Kajari Toba Marlya Retta Bangun SH, Wakil Ketua DPRD Toba Candrow Manurung, Sekretariat Bawaslu Kabupaten Toba, Partai Politik se Kabupaten Toba, Panwaslu se Kabupaten Toba, PKD se Kabupaten Toba, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. ( Rel/Humas/Gayus Hutabarat)

You may like these posts