RADIO JOY FM - Klik Gbr Utk Mendengarkan

RADIO JOY FM - Klik Gbr Utk Mendengarkan
Semudah mendengarkan, Klik Gbr dan Linknya

Basis Pemula dan Teknik Petik Senar Gitar Bas

 


Tidak sesulit yang kamu fikirkan untuk dapat memainkan gitar bass (Bassis).

Petikan gitar bass sangat mempengaruhi bunyi suara yang dikeluarkan dari senar gitar bass kolaborasi dengan improvisasi chord nya.

BACA :

Belajar Gitar Bass Pemula, Ini 7 Chord Kunci Dasar

Ada beberapa istilah yang lazim teknik memetik gitar bass yakni dengan teknik memukul (slapping), membetot, dan menstrumming. Inilah teknik yang digunakan para bassis yang telah mahir.


Berikut teknik-teknik memetik gitar bass :


1. Alternate Picking

Biasanya Bassist banyak menggunakan teknik ini dalam bermain bass. Alternate picking sebenarnya adalah teknik dasar dalam bermain bass. Caranya: memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian, umumnya sih pake jari telunjuk dan jari tengah.

2. Up Down Thumb

Teknik Up Down Thumb ini Sobat Gitar Gaul harus menggunakan sebagai pick, sementara  keempat jari-jari yang lain dipakai untuk memetik, mirip seperti bermain gitar. Jika  biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah untuk metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.

3. Slapping

Teknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu. Si om Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers yang biasanya suka pake teknik ini.

4. Popping

Teknik Popping adalah menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, sehingga menghasilkan suaranya nyaring seperti  dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa menggabungkan teknik slapping dan popping sehingga menghasilkan kombinasi suaranya yang unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.

5. Tapping

Tapping biasa digunakan pada gitar, namun pada bass juga bisa digunakn teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.

6. Neck Bending

Tekni Neck Bending bisa kita lakukan ketika memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem). Teknik ini akan menghasilkan bunyi seperti mendengung.

(DNN)
Sumber : Berbagai Artikel

You may like these posts