Gunung Sibuatan Sakral Bagi Masyarakat Karo, Kisah Rumah Sipitu Ruang

 


IM | Karo - Konon Gunung Sibuatan dalam kebudayaan masyarakat Karo dikenal juga dengan sebutan Deleng Sibuaten. Gunung ini disebut memiliki kaitan yang erat dengan kisah Rumah Sipitu Ruang di Ajinembah sehingga membuat gunung ini dianggap sakral oleh masyarakat Karo.

Gunung Sibuatan juga merupakan gunung tertinggi di wilayah Sumatera Utara dengan ketinggian mencapai 2.457 mdpl.

Letak berada di sekitar kawasan Danau Toba, dan termasuk ke dalam wilayah timor Toba tepatnya di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.


BACA :

Satu lagi tantangan destinasi wisata bagi pecinta pendaki gunung di Karo. 


Gunung yang tidak dikategorikan sebagai gunung berapi ini memiliki lima shelter atau pos ini memiliki dua puncak yaitu puncak Timur dan puncak Barat dengan pesona panorama yang sangat indah.

Dalam kebudayaan masyarakat Karo, gunung Sibuatan dikenal juga dengan sebutan Deleng Sibuaten. Gunung ini disebut memiliki kaitan yang erat dengan kisah Rumah Sipitu Ruang di Ajinembah sehingga membuat gunung ini dianggap sakral oleh masyarakat Karo.


Gunung ini terbilang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, maka bagi para pendaki sangat disarankan untuk selalu membawa jas ujan. Adapun estimasi waktu untuk mendaki gunung ini sekitar 6 sampai 7 jam perjalanan.


“Jalur pendakian ke gunung Sibuatan bisa dibilang cukup ekstrim karena kita harus melewati jalur berlumpur dan memanjat akar-akar pohon,” ungkap akun instagram @hikerssumut dalam keterangan foto mengenai Gunung Sibuatan.

Dirilis ulang Delinews Network
Kutipan Artikel : Mounture.com


You may like these posts