RADIO JOY FM - Klik Gbr Utk Mendengarkan

RADIO JOY FM - Klik Gbr Utk Mendengarkan
Semudah mendengarkan, Klik Gbr dan Linknya

Tuntut Kenaikan UMK, GEBRAK Seruduk Pemkab Delser

 


Infomedandn.com | Delser - Aksi massa mengatasnamakan Gerakan Buruh Berjuang Untuk Keadilan (GEBBRAK) seruduk unjuk rasa di Kantor Bupati Deli Serdang Jln. Negara No 1 Kelurahan Petapahan Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Kamis 23 November 2023.

Aksi Organisasi yang tergabung dalam aliansi GEBBRAK terdiri dari KORWIL KSBSI Sumut, DEPEWIL SBNI Sumut, DPD GSBI Sumut, DPP. SARBUKSI, DPC.SBSI'92, DPP. KBI, PD FSP M21-KSBSI Sumut, DPD SBSI 1992,DPD FSP KEP-KSPSI Sumut, DPP. KGB PETA, DPD. SPR Sejahtera, DPP. SBSU Sumut, DPP. SBMI Sumut, DPW. PPMI Sumut, F.TNP KSBSI Sumut, F.PASN KSBSI Sumut, FIKEP-KSBSI Deli Serdang, F.SBSI-KSBSI Deli Serdang, F.PPK-KSBSI Sumut, F.SBSI-KSBSI Sumut, F.BKN-KSBSI Sumut, F.MIG-KSBSI Sumut, FIKEP-KSBSI Sumut, DPD. SBSD Sumut, DPC. F. SB KIKES-KSBSI Kota Medan Deli Serdang, F.SB KAMIFARHO-KSBSI Sumut, F. SB HUKATAN-KSBSI Sumut, FKUI-KSBSI Sumut, DPD. KSPSI 1973, DPC. F.SPI Kota Medan, SP. KOMPAKTEL - INDONESIA tampak mendapat kawalan tim pengamanan dari Polresta Deli Serdang, Satpol PP Deli Serdang dan Polsek Lubuk Pakam. 

Aksi Unras yang dikordinator Ahmadsyah didampingi pimpinan aksi Evi Linus Gea, SH, wakil pimpinan aksi Richardo Damanik, Aminan Saleh dan masing-masing pimpinan organisasi tiba di Jalan Negara Depan Caffe Bosqu dengan mengusung massa sekira 200 an orang dengan melakukan long march menuju Kantor Bupati Deli Serdang dengan membawa ran dan alat peraga seperti, pengeras suara/speaker, spanduk, baliho, 2 unit mobil komando, 3 unit mobil pribadi, dan 70 an unit sepeda motor, sekira pukul 12.05 WIB.  

Aksi tersebut bertujuan untuk menuntut agar UMK Deli Serdang dinaikkan sebesar 20%, Undang-undang nomor 6 tahun 2023 tentang cipta kerja dicabut, Peraturan pemerintah nomor 51 tahun 2023 tentang pengupahan dicabut. 

Sekira Pukul 12.17 WIB Mewakili Massa Unras Rudolf Sitorus, Evi Linus Gea,SH, dan Donald Sitorus menyampaikan orasinya, "Memang betul sudah dinaikan upah tetapi tidak sesuai keinginan kita, yang kita minta 20 % tetapi ini hanya 3 %, Kita disini ingin menyampaikan suara buruh yang mana hari ini seperti dijengkali oleh para pengusaha-pengusaha, Buruh ini lah penggerak ekonomi di Deli Serdang dan kami bergerak sesuai undang undang yang berlaku dan kami ingin undang undang tentang cipta kerja agar diadilin se adil adilnya. Kami Ucapkan Terima Kasih kepada bupati deli serdang dan kami disini mrminta untuk bersedia kami calonkan menjadi bupati deli serdang selanjutnya", pungkas mereka. 

Pukul 13.03 WIB Plt. Bupati Deli Serdang H. M. Ali Yusuf Siregar menemui massa unras di depan gerbang Kantor Bupati Deli Serdang didampingi oleh Staf Ahli Setdakab Deli Serdang Ari Mulyawan Simatupang, Kadisnaker Deli Serdang Budi Iswan S.STP, Kasatpol PP Deli Serdang Marzuki S.Sos.

Plt. Bupati Deli Serdang H. M. Ali Yusuf Siregar menyampaikan kepada para pengunjuk rasa, "Kami sudah menerima dan nanti kami minta kepada dewan pengupahan agar bergabung dengan organisasi yang lain, dan kami harap ini jangan hanya di deli serdang saja tapi menjadi nasional. Nanti kita atur regulasinya dan kalau memang bisa akan kita naikan kalau tidak bisa jangan terlalu berharap. Maka kita ikutin regulasinya. Saya ucapkan terima kasih rekan rekan buruh dengan aksinya tidak macam macam. Mudah mudahan nantinya dewan pengupahan bekerja dengan baik, sesuai regulasi insyaallah upah bisa dinaikan. Ini menunjukan bahwa pemerintah deli serdang peduli dengan buruh dan karyawan", pungkasnya. 

Diwakili oleh Budi Hariono, massa unras mengucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Deli Serdang H. M Ali Yusuf Siregar, "Dimoment seperti ini kami kehilangan sosok pemimpin buruh. Lahirnya undang undang nomor 6 dan peraturan pemerintahan, kami terbelenggu tentang undang undang ini, kami mendengar bahwa ada regulasi menetapkan upah minimum. Kami mohon kepada Plt. Bupati Deli Serdang agar putusan ini agar dipertimbangkan oleh pemkab deli serdang. Kami Apresiasi kepada Plt Bupati Deli Serdang Pak Yusuf karna sangat jarang sekali pimpinan daerah menjumpai masyarakatnya yang sedang unjuk rasa. Dipilkada 2024 nanti kami mohon agar kiranya pak yusuf mencalonkan diri sebagai bupati deli serdang, dengan jadinya pak yusuf maka kami pasti tidak akan susah ketemu bupati deli serdang", ucapnya

Unras berjalan kondusif dan tertib, sekira Pukul 13.35 WIB, Massa Unras membubarkan diri. (Rel/LM/Redaksi)

You may like these posts