Antisipasi Gangguan Kamtib Jelang Nataru Karutan Kontrol Sarpras Rutan

 


Infomedandn.com | Medan - Dalam rangka menyambut Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, dan juga Berdasarkan surat edaran Nomor PAS-2077.PK.08.05 Tahun 2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan Menghadapi Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, Karutan I Medan, Nimrot Sihotang beserta pejabat struktural lakukan kontrol sarana dan prasarana (Sarpras) yang ada di Rutan Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut. Kamis (14/12).

Kontrol dilakukan selepas Apel Pagi, dimulai dari pengecekan mesin genset, kemudian pengecekan area dapur, pengecekan kondisi diseputaran Branggang dan pengecekan tong penampungan air juga pengecekan pagar-pagar kawat diseputaran tembok Rutan.

Pengecekan mesin genset dilakukan dengan mencoba menghidupkan mesin apakah masih berfungsi dengan baik hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi mati lampu maka cadangan listrik dirutan dipastikan siap, pengecekan area dapur dilakukan untuk mengetahui stok bahan makanan untuk warga apakah tercukupi dan memastikan kualitas nya tetap terjaga.

Sedangkan pengecekan diseputaran branggang dilakukan untuk mengetahui kondisi pagar-pagar dan kawat duri juga alarm yang terpasang di sekeliling tembok rutan apakah masih berfungsi dengan baik,

Karutan juga berkesempatan mengecek tong penampungan air untuk memastikan pasokan air bersih yang cukup bagi warga binaan.

Dalam arahannya Karutan menyampaikan bahwa, “Pelaksanaan kontrol ini dilakukan sebagai langkah deteksi dini untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan demi menciptakan situasi dan kondisi yang aman dan tertib selama gelaran Nataru, sesuai dengan arahan DirjenPas tentang 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu salah satunya Deteksi dini,” ujar Nimrot.(Rel/Gayus Hutabarat) 

You may like these posts