ISTP Medan Lantik 127 Lulusan Terbaik Tahun 2023

 


Infomedandn.com | Medan - Institut Sains dan Teknologi TD Pardede Medan (ISTP) mewisuda 127 wisudawan pada Wisuda Sarjana dan Ahli Madya ke XXXII, Selasa (12/12/2023) di Pardede Hall Medan. Sebagai lembaga pendidikan tinggi bidang sains dan teknologi untuk peningkatan mutu lulusan, ISTP Medan telah menjalin Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian PUPR Balai jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh.


Kerjasama dijalin dengan bersinergi dengan Ketua Yayasan Perguruan Darma Agung yang diketuai Partahi Siregar, SH. Terbukti dengan rekrutmen SDM tenaga pengajar yang mumpuni, dengan standar mutu yang berlaku sesuai dengan aturan dunia pendidikan di Indonesia. “Tahun ini, berkat dukungan Bapak Ketua yayasan, ada Penambahan tenaga dosen tetap yang bergabung dengan kita,” kata Rektor ISTP Ir. Semangat M.T Debataraja, ST,MT,IPU,ASEAN.Eng dalam sambutannya pada acara wisuda yang dihadiri Kepala LL DIIKTI Wilayah I Sumut diwakili Faizah (Ketua Tim Kerja Kelembagaan Akademik), Ketua Yayasan Perguruan Darma Agung Partahi Siregar,SH, Ketua dan Anggota Pembina YPDA, Anggota Senat ISTP, Direktur dan Wakil Direktur Akademi Pariwisata dan Perhotelan, Direktur Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) YPDA Associate Prof. Dr. Gomgom TP Siregar,SH.,MH, Rektor Universitas Darma Agung beserta jajarannya, Lurah Petisah Hulu, Elkon Erwin Bgn Limbong, SE, dan undangan lainnya.


“Selain peningkatan SDM, tahun 2023 ini, juga telah menjalin Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian PUPR, melaksanakan uji sertifikasi dan kompetensi bidang konstruksi jenjang-3 skema juru gambar gedung dan jalan raya bagi mahasiswa semester 8 di TUK Kampus ISTP,” ujarnya.


Selanjutnya, sebagai bukti bahwa ISTP merupakan institut yang selalu berorientasi pada peningkatan mutu dan kemandirian serta pembentukan karakter, ISTP telah mengintensifkan Lembaga Penjamin Mutu (LPM) yang diharapkan dapat menetapkan langkah-langkah strategis untuk semua komponen sampai pada indikator ukuran keberhasilan atau capaian yang diperoleh, sehingga akan mengalami perubahan ke arah yang semakin lebih bermutu.


“Secara khusus penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar kuliah di tahun 2023, ISTP mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat dan pemerintah sehingga mendapat kuota berasiswa sebanyak 131 orang. Saat ini juga beberapa orang mahasiswa ISTP berhasil lulus dan mengikuti kegiatan MBKM yaitu Program Pertukaran Mahasiswa ke Institut Teknologi Kalimantan dan program wirausaha Merdeka di Universitas Riau, Program Kampus Mengajar, magang, serta program magang dan studi independen bersertifikat ke PUPR Kalimantan Barat,” ujar Rektor.


Dikatakan Rektor, semuanya program akademik tidak akan terlaksana tanpa dukungan penuh dari Pengurus YPDA yang dipimpin Partahi Siregar, SH, serta seluruh pihak-pihak yang turut andil demi berjalannya program ISTP.


Kemudian, kepada para wisudawan, Rektor mengucapkan selamat memasuki tahapan baru yaitu terjun ke tengah masyarakat, ditekankan untuk menjaga nama baik almamater dan cinta tanah air. “Kami ucapkan selamat kepada para wisudawan, dan kepada orang tua kami seluruhnya, kamu ucapkan terima kasih karena telah mempercayakan ISTP sebagai tempat menempah putra-putri terbaiknya,” ujarnya.


Ketua Yayasan Perguruan Darma Agung yang menaungi Institut Sains dan Teknologi T.D Pardede (ISTP), Partahi Siregar, SH diwakili Sekretaris Yayasan Robert Sihotang SH,MH mengucapkan selamat kepada seluruh orang tua wisudawan. "Dan kepada anak-anak kami, saya mengucapkan selamat karena telah berhasil menuntaskan satu fase yang membanggakan, sehingga saudara/i dapat duduk sebagai wisudawan pada hari ini. Dan hari ini juga, menjadi sebuah hari yang menjadi catatan dalam sejarah kehidupan wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pada program Sarjana Institut Sains dan Teknologi TD Pardede ini. Saya hendak mengingatkan bahwasanya keberhasilan ini merupakan langkah awal bagi para wisudawan/ti untuk terus dapat mengembangkan diri sekalipun tidak lagi berada di dalam lingkungan kampus," katanya.


Ketua Yayasan menekankan bahwa hubungan wisudawan dengan ISTP bukan berarti berakhir dengan terlaksananya wisuda. "Saat ini saudara-saudari telah disahkan menjadi alumni ISTP, yang artinya sebagai alumni, saudara/i memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan meningkatkan mutu almamater. Keterkaitan saudara/i dengan institusi ini bukanlah berakhir hari ini. Sebaliknya, ini adalah awal dari keterlibatan kalian sebagai bagian penting dari jaringan alumni," ujar cucu almarhum DR TD Pardede itu.


Ketua Yayasan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua LL Dikti Wilayah I Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang, M.A., Ph.D yang terus memberikan dukungan dan bimbingan demi terselenggaranya program pendidikan di ISTP. 


Mewakili Kepala LL DIKTI Wilayah I Sumut, Faizah menyampaikan bahwa keberadaan ISTP dibawah binaan YPDA memberi kontribusi besar bagi dunia pendidikan tinggi di Sumatera Utara. Selain mengucapkan selamat kepada wisudawan, juga mengajak untuk civitas akademik ISTP terus berbenah dan meningkatkan mutu proses pembelajaran. "ISTP telah terbukti turut mewarnai kemajuan pendidikan tinggi di Sumatera Utara," ujarnya.


Diumumkan wisudawan terbaik diraih oleh Sucipto dari program studi Teknik Elektro dengan IPK 3.95, Jesslyn Valentine (Arsitektur/IPK 3.81), Felix Wijaya (Teknik Informatika/IPK 3.80), Parlindungan Saragih (Teknik Industri/IPK 3.70), dan Arun (Teknik Pertambangan/IPK 3.40). Kepada para wisudawan terbaik diberikan piagam penghargaan.


Sementara itu, mewakili wisudawan terbaik tahun 2023 ISTP, Sucipto mengatakan selama mengikuti perkuliahan di ISTP Medan menemukan banyak hal yang diperolehnya. “Bagi saya pribadi, tidak ada kata gampang, tidak ada kata menyerah dan tidak ada kata sia-sia untuk berkuliah. Kita paham, banyak sekali hal-hal yang sebelumnya tidak kita temukan di luar sana. Tapi kita bisa temukan di masa kuliah,” ujar wisudawan Program Studi Teknik Elektro itu sembari mengucapkan terima kasih kepada para dosen yang telah membantu dalam proses menuntut ilmu yang bisa sangat berguna untuk masa depan para wisudawan.


Vidianto Sinaga ST mewakili alumni dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada ISTP karena sudah menjadi wadah pendidikan untuk para kami alumni, untuk menggali ilmu dan bisa berkompetisi dengan dunia luar, dan untuk alumni baru yang baru diwisuda hari ini, harus mampu menambahkan pengetahuan dibidangnya secara mandiri, karena ilmu yang diterima selama di kampus hanya sebagian kecil dari ilmu yang sebenarnya diterapkan di lapangan, khususnya ilmu di bidang Teknik Pertambangan.


Para alumni harus siap menyongsong masa depan, karena apa yang ada di depan tidak selalu akan ramah, maka perlu persiapan keberanian dan mental.

You may like these posts