RADIO JOY FM - Klik Gbr Utk Mendengarkan

RADIO JOY FM - Klik Gbr Utk Mendengarkan
Semudah mendengarkan, Klik Gbr dan Linknya

Dihibur Gendang Guro-guro Aron, Heviitro Sponsori Pengukuhan IMK Univ.ST Thomas

 


Infomedandn | Medan - Gendang Guro-guro Aron adalah pesta hiburan yag diadakan oleh para pemuda dan pemudi dalam masyarakat Karo. Pertunjukannya menggunakan sarune, gendang dan gong. Pertunjukan Gendang Guro-guro Aron mempererat hubungan kekeluargaan dan menyelesaikan perselisihan yang terjadi di dalam masyarakat Karo.



Guro – guro aron berasal dari kata ‘Guro – Guro’ dan ‘Aron’. Guro – guro artinya senda gurau atau bermain; sedangkan Aron artinya muda-mudi (usia tidak dibatasi) dalam satu kelompok kerja berbentuk arisan untuk mengerjakan ladang.

BACA : Mengapa harus memilih heviitro untuk air mineral kesehatan..?? 

Pada pengukuhan kepengurusan Ikatan Mahasiswa/i Karo (IMK) Universitas Katolik ST. Thomas Medan periode 2022 - 2023, gendang guro-guro prioritas mengisi kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Jambur Bukit Permai, Jln. Setia Budi yang dimulai pukul 20:00 WIB hingga usai. 



Dihadiri ribuan mahasiswa/i Karo di Universitas yang ada di Medan, kegiatan ini disponsori oleh air minum dalam kemasan (Demineral) Heviitro yang turut mensukseskan acara tersebut. 


BACA : Mengapa tubuh manusia sangat membutuhkan air..?? Bagaimana cara memilih air yang sehat untuk kebutuhan tubuh manusia..?? 



Edi Fernando Siagian selaku FA HGA Manager PT Pintu Gerbang Sukses (PGS) Distributor Area Sumbagut produk Heviitro melalui Mitra Distribusinya, Wilcais Trading, Bernard Marpaung mengatakan cukup bangga atas terlaksananya kegiatan tersebut dengan sukses dengan aman dan tertib. 


Kepada Delinews Network, Edi memaparkan, bahwa produk Heviitro yang diproduksi oleh PT Patna Lestari cocok dikonsumsi oleh segala umur dan sangat baik untuk kesehatan. 


Lanjutnya, Heviitro diproduksi sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI) yang telah memenuhi 3 syarat produksi air minum yang layak dikonsumsi. 


Air bersih diartikan sebagai air yang digunakan dalam rumah tangga untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi, buang hajat, mencuci baju, minum, dan memasak. Khusus untuk air minum, kualitasnya harus memenuhi syarat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010 dan telah lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air minum harus layak konsumsi. Air minum layak konsumsi harus memenuhi ketiga syarat berikut:


1. Syarat fisik


Syarat ini berkaitan dengan kondisi fisik air yang dapat dikenali oleh pancaindra manusia. Air yang sehat dan layak konsumsi haruslah bening atau jernih, tidak meninggalkan endapan, tidak berbau, tidak berasa (tawar), dan memiliki suhu di bawah suhu udara luar atau suhu ruang, yakni antara 10-25 derajat Celcius.


2. Syarat kimiawi


Syarat ini berkaitan dengan derajat keasaman, kandungan mineral, dan bahan-bahan kimia lain di dalam air minum. Air minum yang sehat harus masih mengandung mineral-mineral penting yang dibutuhkan tubuh, di antaranya Zn (seng), Fe (zat besi), Cu (tembaga), Mn (mangan), dan Cl (klorida), dalam kadar yang ditentukan. Air minum yang sehat tidak boleh mengandung logam berat beracun seperti Hg (merkuri atau air raksa), Pb (timbal), As (arsen), Cd (kadmium), dan Cr (kromium).


Di samping itu, air yang layak konsumsi harus memiliki pH yang netral, yakni sekitar 7 dan mengandung cukup yodium.


Ada atau tidaknya kandungan bahan kimia beracun di dalam air sekilas bisa dilihat dari ciri fisiknya. Air yang beracun atau mengandung logam berat akan berbau menyengat dan berwarna.


3. Syarat mikrobiologi


Karena digunakan untuk minum, air harus bebas dari segala macam kuman atau bakteri penyebab penyakit. Utamanya adalah bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp, yang kerap menimbulkan sakit perut dan diare. Ada atau tidaknya kuman di dalam air minum tidak bisa dikenali dari ciri fisiknya dan hanya bisa diketahui melalui uji laboratorium.


Pantauan Delinewstv yang menjadi support publikasi kegiatan tersebut tanpak ribuan mahasiswa/i begitu antusias. 




Ketua panitia, Pilipius Pranata Tarigan kepada Delineestv mengatakan, kegiatan pengukuhan Badan Pengurus Harian (BPH) yang diiringi dengan musik tradisi karo gendang guro-guro tersebut guna memperkenalkan pengurus yang baru dan lebih menjalin silaturahmi khusus mahasiswa/i Karo yang ada di Perguruan Tinggi di Medan. 


Dengan mengusung thema "Radu Ibaba Adi Lit Siman Baban, Adi Pangan Entabeh Radu ras ipan", pengukuhan kepengurusan BPH IMK Arih Ersada periode 2022-2023 diharapkan lebih menciptakan keharmonisan silaturahmi antar mahasiswa/i Karo yang ada di Perguruan Tinggi yang ada di Medan. 



Dalam acara puncaknya, dilakukan penyerahan mandataris dan petaka dari BPH lama ke BPH yang baru dan dilanjutkan dengan kesenian Karo gendang Guro-guro Aron. 


Berikut BPH kepengurusan IMKA Unika St Thomas periode 2022 - 2023 yaitu : Surya Ginting dari Fak.Pendidikan Bahasa Inggris dipercaya memangku sebagai Ketua didampingi Sekretaris Andre Ginting dari Fak. Pertamanan dan dibantu Natasya Panjaitan selaku Bendahara. 


Sebelumnya dilakukan penyerahan mandataris dan petaka dari kepengurusan yang lama oleh Ketua Roy Sembiring dari Fak. Ekonomi didampingi Malem Sembiring dari Fak.Ilmu Komputer dan Bendahara Meidy Ginting dari Fak. Hukum. 


(DNN/Bern) 

You may like these posts